Selamat Datang Di Blog Anggun Catering Service. Kami melayani berbagai macam pesanan aneka menu untuk pesta pernikahan, khitanan, ulang tahun, aqiqoh, nasi kotak, nasi tumpeng dan lain-lain. WA: 081334350060 Terima kasih atas kunjungan anda.

Manfaat Daun dan Buah Ciplukan

Ciplukan merupakan salah satu tanaman yang bisa dengan mudah di tanam dan dibudidayakan. Ciplukan mempunyai manfaat dan khasiat untuk membantu mengatasi berbagai masalah penyakit. Namun demikaian, banyak orang belum mengetahuinya, mereka menganggapnya sebagai tanaman biasa, padahal tanaman ciplukan ini bisa tumbuh subur disaat petani mengganti tanaman padi dengan tanaman palawija. Tumbuhan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh dan bisa membantu untuk mengobati berbagai masalah kesehatan.
      Kandungan kimia yang terdapat didalam buah ini sangat baik untuk membantu mengatasi  masalah kesehatan. Saat ini tanaman ini diproduksi dalam bentuk kemasan teh dan kapsul. Bahan utamanya adalah tanaman buah ciplukan yang kemudian diproses melalui prose pengeringan di oven sekitar 40 derajat atau dengan cara tradisional bisa dengan cara di keringkan namun tidak langsung kena sinar matahari atau juga diangin-anginkan,dengan tujuan agar klorofilnya tidak hilang.

Sbr. gambar : https://www.1000macammanfaat.com

Ciplukan dapat digunakan untuk mengatasi beberapa jenis penyakit di antaranya:
  1. Hipertensi.Sediakan 5 gram herba kering ciplukan, masukkan ke dalam 110 ml air lalu rebus selama 10-15 menit sambil sesekali di aduk, lalu saring dan biarkan sampai dingin. Minum 2x sehari pagi dan sore, masing - masing 100 ml, air rebusan yang disimpan lebih dari 24 jam tidak boleh di minum.
  2. Kencing manis. Penggunaan sama seperti untuk mengatasi hipertensi.
  3. Bisulan. Sediakan 1 genggam daun ciplukan, 1 sendok teh adas pulowaras, 1 lembar daun sirih dan    sedikit garam. Campurkan bahan2 tersebut remas hingga lembut, oleskan di sekitar daerah yang bisulan.
  4. Borok. Ambil 1 genggam daun ciplukan dan tambahkan 2 sendok teh air kapur sirih, tumbuk hingga halus lalu tempelkan ke bagian yang sakit.
  5. Gusi berdarah. Dimakan seperti biasa minimal 30 butir perhari.
  6. Sakit paru - paru. Rebus 3-5 gelas air, akar, batang, daun dan bunga herba ciplukan hingga mendidih minum 3x sehari sebanyak 1 gelas.
  7. Epilepsi. Makan buah ciplukan 8-10 butir perhari.
  8. Kanker. Sediakan 10 gram daun sambiloto kering, 10 gram rimpang temulawak, 10 gram kunyit, 10 gram rimpang temu putih, 10 gram rimpang temu mangga, 10 gram ciplukan kering dan 10 gram meniran. Cara pembuatan ciplukan untuk kanker: Cuci bersih rimpang temu lawak, kunyit, temu putih, dan temu mangga. Parut hingga halus campur hasil parutan dengan ciplukan, meniran, dan daun sambiloto rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1.5 gelas angkat lalu saring. Minum 3x sehari 1/2 gelas untuk mengurangi rasa pahit campur dengan 1 sendok makan madu asli.
  9. Influenza. Rebus 9-15 daun ciplukan hingga mendidih, saring dan diamkan sejenak lalu minum 2-3 kali sehari sampai sembuh.
  10. Batuk rejan. Sama seperti mengobati influenza.
  11. Bronchitis. Sama seperti mengobati influenza.
  12. Pembengkakan prostat



Sumber: https://www.ciplukan.com

 
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda.
Copyright © 2010 - ANGGUN CATERING SERVICE